KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam
melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan
memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan
2.2
Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan
menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar,
bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar
2.3
Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat
berbaris berdasarkan urutan tinggi badan
2.4
Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam
melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam
belajar dan jam istirahat
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain
3.2
Mengenal bangun datar dan bangun ruang
menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat
bermain.
3.3
Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu
aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
3.4
Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu
benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan
3.5
Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu
benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
3.6
Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan
sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit
3.7
Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan
sederhana
3.8
Menentukan pola dari sebarisan bangun datar
sederhana menggunakan benda-benda yang ada
di alam sekitar
3.9
Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu,
dan suhu
3.10
Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan
menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
3.11
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya
benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah
anggotanya
3.12
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan
kemunculan bilangan dengan bahasa yang
sederhana
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
4.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan
memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait
dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta
memeriksa kebenarannya
4.2
Membentuk berbagai bangun datar dengan
menggunakan papan berpaku atau media lainnya
4.3
Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai
kemungkinan jawaban
4.4
Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana
tertentu
4.5
Membentuk dan menggambar bangun baru dari
bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada
4.6
Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang
ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf
4.7
Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal
dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf tanpa
menggunakan urutan label pada sumbu horizontal
4.8
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99
sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.9
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi
badannya
4.10
Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola
yang berulang
4.11
Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri
pecahan dan jumlah uang
|
KELAS: II
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan
menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru.
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti
aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif
dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan
2.2
Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain
dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi,
menabung dan beramal
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan
sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian
2.4
Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam
melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu
2.5
Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam
menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri
yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.
2.6
Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam
mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda
|
3
Memahami pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
|
3.1
Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di
sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain
3.2
Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada
bilangan asli yang hasilnya kurang
dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit
3.3
Mengenal nilai tukar antar pecahan uang
3.4
Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan
sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan
waktu
3.5
Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak
suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain
mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku
3.6
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil
pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
3.7
Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang
kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan
penambahan dan pengurangan hingga 18
3.8
Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi
tiga, segi empat dan segi enam beraturan
3.9
Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta
memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya
3.10
Mengenal ruas garis dan garis lurus
|
4
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan
anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
|
4.1
Memecahkan masalah secara efektif dari masalah
yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu,
panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah,
sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
4.2
Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari
benda-benda di sekitar
4.3
Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan
perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan
ratusan
4.4
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500
sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah
bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.5
Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan
kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.6
Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi
objek pada sebuah peta
4.7
Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat
pola yang berulang, serta menemukan pola dasar
4.8
Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan
bilangan-bilangan yang kurang dari 100
4.9
Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau
diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf
4.10
Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan
pada grafik konkrit dan piktograf
4.11
Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang
atau berat
|
KELAS: III
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan
guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh,
tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan,
perkalian dan pembagian bilangan asli, bilangan bulat dan pecahan dengan
memperhatikan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan
2.2
Menunjukkan perilaku teliti
dan rapi dengan menata benda-benda di sekitar dengan cara melipat rapi dengan
memperhatikan simetri lipatnya
2.3
Menunjukkan perilaku adil
dalam membagikan satu potong atau beberapa potong kue, buah dan sejenisnya
kepada sejumlah orang dalam menerapkan konsep pecahan
2.4
Menunjukkan perilaku disiplin
dan tepat waktu datang ke sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu
2.5
Menunjukkan perilaku cermat
dan teliti dalam mentabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Memahami sifat-sifat operasi
hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian
3.2
Memahami letak bilangan pada
garis bilangan
3.3
Memahami konsep pecahan
sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai
terkecil dan terbesar
3.4
Menemukan sifat simetri bangun
datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri
putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit
3.5
Menemukan unsur dan sifat
bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan
3.6
Mengetahui perbandingan data
menggunakan tabel,grafik batang, dan grafik kue serabi
3.7
Mengenal hubungan antar satuan
waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
3.8
Menentukan strategi pemecahan
masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang
3.9
Memahami keliling segitiga dan
persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api,
lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas)
3.10
Mengenal dan membandingkan
besar sudut bangun datar tanpa satuan baku
3.11
Menunjukkan pemahaman tentang
konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan
pengurangan bilangan sampai dua angka
3.12
Mendeksripsikan hubungan
antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar
3.13
Mengenal pecahan dan bilangan
desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut
sama
3.14
Memahami penghitungan waktu
berdasarkan data sehari-hari
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
4.1
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan
bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas
sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya
serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat
sendiri
4.2
Menunjukkan hasil rotasi dan
pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar
4.3
Menggambar berbagai bangun
datar dengan keliling atau luas yang sama
4.4
Menaksir panjang, luas, dan
berat suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai
4.5
Membentuk dan menggambar berbagai
bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau
cara lainnya
4.6
Mengumpulkan, mencatat,
menata, dan menampilkan data menggunakan tabel dan grafik batang
4.7
Membuat tabel frekuensi
sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas
4.8
Menyajikan pemecahan masalah
yang terkait dengan penukaran nilai uang
4.9
Memperkirakan dan mengukur
panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan
baku dan tidak baku
4.10
Mendeskripsikan,
mengembangkan, dan membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris
4.11
Membaca, mendeskripsikan, dan
menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertikal dan horizontal
4.12
Mengumpulkan dan menata data
kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik,
termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai
dengan grafik batang horizontal
4.13
Mengurai sebuah bilangan bulat
sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan
dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban
4.14
Membuat dan mengambar berbagai
bangun datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan
4.15
Menghasilkan berbagai bangun
datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara
lainnya
|
KELAS: IV
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti
prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran
2.2
Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam
melakukan tabulasi pengukuran panjang daun-daun atau benda-benda lain
menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu
benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama
2.4
Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam
membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif
menggunakan prinsip KPK dalam kalender
2.5
Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab
menjaga kerapian dan kebersihan kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat
menggunakan prinsip KPK dalam kalender (misal jadwal piket, Pramuka dll)
2.6
Menunjukkan perilaku peduli dengan cara
memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau
tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun
berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah, dan tempat bermain
|
3.1
Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan
operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
3.2
Menerapkan penaksiran dalam melakukan
penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil
perhitungan
3.3
Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil
pengukuran dengan alat ukur
3.4
Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta
bilangan prima
3.5
Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak
beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan
3.6
Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan
membandingkannya dengan sudut yang berbeda
3.7
Menentukan kelipatan persekutuan dua buah
bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK)
3.8
Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan
dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
3.9
Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10
Menentukan hubungan antara satuan dan atribut
pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
3.11
Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang
ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
3.12
Mengenal sifat dari garis parallel
3.13
Memahami pecahan senilai dan operasi hitung
pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar
3.14
Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal
3.15
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil
pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam
bentuk tabel sederhana
3.16
Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan
menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
3.17
Memahami konsep bilangan negatif menggunakan
hal-hal yang konkrit dan garis bilangan
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan
sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia
|
1.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri ,
menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif
permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan
persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat
bermain serta memeriksa kebenarannya
1.2
Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak
beraturan tertentu
1.3
Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen
1.4
Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring
bangun ruang sederhana
1.5
Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda
dengan jaring bangun ruang yang sudah ada
1.6
Membuat benda-benda berdasarkan jaring-jaring
bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada
di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain
1.7
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau
grafik
1.8
Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa
menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin
1.9
Mengumpulkan dan menata data diskrit dan
menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda,
diagram garis, dan diagram lingkaran
1.10
Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik
dan geometris
1.11
Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan
menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi
1.12
Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring
bangun ruang sederhana
1.13
Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil
penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi
kemungkinan jawaban
1.14
Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat
berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana
1.15
Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek
menggunakan peta grid dan melalui percerminan
1.16
Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul
dalam bangun datar
1.17
Menggabung sudut bagian dalam segitiga dan segi
empat untuk menarik kesimpulan
|
KELAS: V
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam mencari
akar bilangan sederhana
2.2
Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan
masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3
Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk
secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas
2.4
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam
melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5
Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan/melakukan
percobaan menemukan hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa
adanya.
2.6
Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu dengan berdasar pada
pengelolaan waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan mempertimbangkan
kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan
2.7
Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang
diperlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah
2.8
Menunjukkan perilaku teliti dan cermat dalam mengambil keputusan yang
berkaitan dengan pengeluaran uang
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua
dan bilangan pangkat tiga sederhana
3.2
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan
persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta
melakukan perkailan dan pembagian
3.3
Mengenal konsep perbandingan dan skala
3.4
Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat
3.5
Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari
(rim, lusin, kodi)
3.6
Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data
3.7
Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar
simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.8
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan
3.9
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan
persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal
3.10
Memahami konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
1.1
Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat
matematika, dan memilih kalimat matematika yang tepat dalam memecahkan
masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar
kuantitas yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau
tempat bermain serta memeriksa kebenarannya
1.2
Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam
tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan
waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah
1.3
Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan
ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran
(grafik kue serabi)
1.4
Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling
dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran
1.5
Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang
sederhana
1.6
Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi
tertentu
1.7
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik
1.8
Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak
dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek
berdasarkan arah mata angina
1.9
Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi
jenis sudutnya
1.10
Menyajikan hubungan ekspresi dalam koordinat dan grafik
1.11
Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan
1.12
Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan,
perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan
persen dengan berbagai kemungkinan jawaban
1.13
Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang
melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dan satu atau
dua angka
1.14
Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi
banyak
1.15
Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan
1.16
Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah
nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi
|
KELAS: VI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menerima,
menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
|
|
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli,
percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
tetangga, dan guru
|
2.1
Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam
melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
2.2
Menghargai pendapat atau gagasan teman mengenai hasil kerjanya dan
usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya
2.3
Menunjukkan perilaku teliti dan cermat dalam mengumpulkan dan mengolah
data pengamatan
2.4 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data,
pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan
2.5
Mengisi secara jujur lembar isian data sederhana yang berkaitan dengan
identitas diri, hasil mengukur/mencacah
2.6
Menunjukkan perilaku teliti dan rapi dalam mengukur dan melaporkan
besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan
tempat bermain
2.7
Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan data yang diperoleh
berdasarkan hasil survey
|
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin
tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya,
dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
|
3.1
Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
(pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
3.2
Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
3.3 Memahami cara
menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana
3.4 Membandingkan
tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda,
tetapi sejenis.
3.5 Menemukan peluang
empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa
jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik
3.6
Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan
antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola
3.7
Mengenal unsur-unsur lingkaran
3.8
Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana
3.9
Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi
3.10
Memahami dan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk
pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen)
3.11
Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat
untuk mendapatkan informasi tertentu
3.12
Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik
3.13
Membandingkan dan memaknai tafsiran/arti rata-rata, median dan modus
dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis
3.14
Memahami juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan
kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
|
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas
dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia.
|
1.1 Mengemukakan kembali
dengan kalimat sendiri, menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi
dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang
terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain
serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban
1.2
Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah
titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa
dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa
1.3 Membentuk/menggambar
bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya
1.4 Membentuk/menggambar
bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya
1.5 Mengamati pola atau
melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat
1.6 Menggunakan data
statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian
1.7 Mengumpulkan data
menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk
tabel dan grafik yang sesuai
1.8
Menyatakan kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah
menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik
1.9
Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di
rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara
arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam
1.10
Menghitung luas permukaan prisma dan silinder
1.11
Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama
1.12
Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan
kerucut untuk memecahkan masalah sederhana
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar