RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SDN
73 GURUN MUDO
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas : VI
(Enam)
Semester : I (Satu)
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit.
Standar Kompetensi**
1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai
juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara.
A.
Tujuan Pembelajaran
§
Siswa
mampu mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
§
Siswa
mampu menjelaskan proses perjuangan meraih kemerdekaan.
§
Siswa
mampu menyebutkan macam-macam perlawanan di daerah pada masa penjajahan.
§
Siswa
mampu menceritakan arti dan nilai Kebangkitan Nasional.
§
Siswa
mampu menceritakan arti dan nilai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ),
Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (
responsibility ) Berani ( courage ), Integritas ( integrity ), Peduli ( caring
), Jujur ( fairnes ) dan
Kewarganegaraan ( citizenship )
B.
Materi Ajar
§
Indonesia
dijajah oleh bangsa asing.
§
Kebangkitan
Nasional.
§
Sumpah
Pemuda.
C.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
§
Pendekatan
kontekstual.
§
Pendekatan
Cooperatif Learning.
§
Diskusi
dengan teman sebangku.
§
Tanya
jawab.
§
Penugasan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
§
Kegiatan Awal
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan
agama, presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali
pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
F Mengajak siswa bertanya jawab tentang
kegiatan selama liburan.
F Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang
nama dan asal pahlawan Indonesia.
§
Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Semua siswa diminta menyimak teks yang
dibaca oleh siswa yang ditunjuk secara bergiliran mengenai Indonesia dijajah
oleh bangsa asing.
F Bertanya jawab mengenai suasana pada masa
penjajahan.
F Bertanya jawab mengenai bangsa apa yang
pertama kali datang dan menjajah Indonesia.
F Guru menunjukkan foto/gambar para pahlawan
daerah dan menanyakan nama dan asalnya.
F Guru menjelaskan mengapa timbul perlawanan
rakyat di berbagai wilayah.
F Guru bertanya mengapa perlawanan di
berbagai wilayah selalu dapat ditindas.
F Bersama pasangan, siswa ditugaskan
mendeskripsikan nilai-nilai juang para pahlawan.
F Membaca secara bergantian mengenai
Kebangkitan Nasional.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Berdiskusi mengenai mengapa timbul
kesadaran berbangsa.
F Guru menjelaskan asal-usul Hari
Kebangkitan Nasional.
F Guru bertanya mengenai nilai-nilai Hari
Kebangkitan Nasional pada masa kini.
F Melanjutkan membaca teks mengenai Sumpah
Pemuda.
F Menjelaskan kepada siswa mengapa timbul
Sumpah Pemuda.
F Bersama-sama mengucapkan sumpah pemuda
dengan baik dan sungguh-sungguh.
F Guru menugaskan siswa untuk menjelaskan
isi dan maksud Sumpah Pemuda.
F Untuk pengayaan dan untuk mengukur
ketercapaian kompetensi, siswa ditugaskan untuk mengerjakan soal-soal yang ada
di dalam buku kerja/buku paket PKn
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§
Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F Siswa dan guru bertanya jawab tentang
materi yang telah dipelajari selama pertemuan itu untuk mengetahui pencapaian
Indikator Pencapaian Kompetensi dan Kompetensi Dasar.
F Siswa dan guru membuat kesimpulan materi
yang telah dipelajari.
F Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama
dan kepercayaan masing-masing.
E.
Sumber/Bahan Belajar
§
Gambar/foto
para pahlawan.
§
Buku
paket (Buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas 6, terbitan
narasumber umum)
§
Surat
Kabar, dst.
F.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ mendiskripsi-kan
nilai-nilai juang para pahlawan
§ Menceritakanarti dan
nilai Kebangkitan Nasional.
§ Menceritakan arti dan
nilai Sumpah Pemuda
§ Menyebutkan isi Pancasila
§ Memahami nilai
tiap-tiap butir Pancasila
|
§ Tugas individu
|
§ Penilaian lisan.
§ Penilaian tulis
§ Penilaian sikap
|
§ Menceritakan mengapa
Indonesia dapat dijajah selama ratusan tahun oleh bangsa asing.
§ Menjelaskan nilai yang
terkandung pada Sumpah Pemuda untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
|
Format Kriteria Penilaian
&
Produk (
hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
&
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
&
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
v
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
GURUN
MUDO, ......................2011
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel PKN.
.................................. M. YUNUS. S.Pd.I
NIP : NIP
: