Sabtu, 28 April 2012

prinsip bertanya efektif DI kelas



1. Merencanakan pertanyaan. Sebagian besar guru faktanya baru merencanakan pertanyaan yang akan diajukan kepada murid beberapa saat sebelum bertanya. Alangkah baiknya semua pertanyaan yang akan diajukan kepada murid sudah termaktub di rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan).

2. Menggunakan beragam level jenis pertanyaan sehingga mampu memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi murid. Hal ini sangat penting dilakukan untuk membantu murid melatih kemampuan berpikirnya. Upayakan semua pertanyaan mengikuti kaidah mudah-sukar dan sederhana-rumit. Pertanyaan mudah bertujuan untuk memotivasi & meyakinkan murid bahwa pada prinsipnya mereka dapat menjawab setiap pertanyaan guru. Pertanyaan sulit sendiri bertujuan untuk merangsang murid melatih kemampuan berpikir tingkat tingginya.

3. Menyediakan waktu jeda kepada murid untuk menjawab pertanyaan. Teknik ini dapat mendorong kemampuan berpikir tingkat tinggi murid di kelas. Ketika suasana di kelas hening tanda tak ada murid yang menjawab pertanyaan, berhitunglah dalam hati sampai hitungan 5.

Trik ini perlu dilakukan untuk memberi kesempatan murid berpikir tentang jawaban mereka. Setelah itu, Anda persilahkan siapa di antara murid yang secara sukarela mau menjawab pertanyaan Anda. Lemparkan pertanyaan kepada seluruh murid, beri jeda waktu, dan tentukan salah satu murid secara acak untuk menjawab pertanyaan Anda, itu prinsip utamanya.

4. Menahan diri untuk tidak segera memberikan opini terhadap jawaban murid pada jenis pertanyaan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hindari kebiasaan untuk segera menanggapi jawaban murid. Berikan kesempatan kepada murid untuk saling mendengarkan jawaban di antara mereka. Karena itulah, mereka jadi saling belajar untuk melatih keterampilan berpikir.

5. Jangan bermain aman. Maksudnya, jangan berikan pertanyaan yang kita sendiri sebagai guru sudah tahu jawabannya. Berikanlah pertanyaan kepada murid yang kita sendiri juga sebagai guru belum tahu jawaban pastinya, karena itulah kita juga sebagai guru sedang belajar melatih keterampilan berpikir.

6. Mendengarkan secara seksama setiap jawaban murid. Praktik ini sangat penting, khususnya ketika guru menyampaikan pertanyaan terbuka (Jawabannya tidak sekadar benar atau salah. Misal, Mengapa Indonesia sering dilanda bencana? Mengapa Indonesia bisa dijajah Belanda sampai 350 tahun, dan pertanyaan sejenis lainnya), pertanyaan kreatif, dan atau pertanyaan evaluatif. Keterampilan ini harus terus dikembangkan agar guru dapat ‘menangkap’ gagasan cemerlang dari setiap jawaban murid.

7. Memberikan penguatan positif atas jawaban murid. Jawaban singkat dari murid untuk jenis pertanyaan mengulang informasi (level pengetahuan pada Taksonomi Bloom - level berpikir paling rendah) harus segera dikonfirmasi, berupa pujian jika berhasil dijawab murid, atau koreksi jika jawaban murid kurang tepat. Sedangkan untuk merespon jawaban murid atas jenis pertanyaan berpikir tingkat tinggi, maka lakukan trik bertanya efektif no. 6 di atas.

8. Menggunakan teknik bervariasi untuk meminta murid menjawab pertanyaan. Jika guru tetap ingin membuat murid merasa dilibatkan dalam menjawab pertanyaan, maka guru dapat mencoba menyebut salah satu nama murid secara acak, atau mengambil kartu yang sudah berisi nama-nama murid secara acak, atau bahkan melemparkan bola kepada murid yang hendak disuruh menjawab pertanyaan. Ingat, semua prosedur itu harus disepakati dulu bersama murid.

9. Mengajarkan murid bagaimana cara menjawab pertanyaan. Cara ini mudah sekali dilakukan. Ketika ada salah satu murid akan menjawab pertanyaan, maka guru dapat meminta semua murid untuk ikut menyimak jawaban dari murid tersebut, "Anak-anak, mari kita simak bagaimana cara si A menjawab pertanyaan tadi!".

10. Mengajarkan murid bagaimana cara membuat pertanyaan. Ibarat pepatah, guru kencing berdiri murid kencing berlari. Kuasai keterampilan bertanya efektif, praktikan kehebatan Anda di kelas, kemudian refleksikan pengalaman Anda menguasai keterampilan bertanya efektif kepada murid, itulah cara terbaik mengajarkan murid bagaimana menguasai keterampilan bertanya efektif.

Selamat mencoba.








DUPAK GURU

                                                                                                           LAMPIRAN. 1 : KEPUTUSAN BERSAMA MENTERI PENDIDIKAN        
                                                                                                           DAN  KEPALA BADAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN NEGARA
                                                                                                                                                  NOMOR : 0433/P/1993
                                                                                                                                                  NOMOR : 25 TAHUN 1993
                                                                                                                                                  TANGGAL : 24 DESEMBER 1993

DAFTAR USUL KENAIKAN PENETAPAN  ANGKA KREDIT JABATAN GURU
MASA PENILAIAN TGL. 01 APRIL  2010 s/d  30 JULI  2012

KETERANGAN PERORANGAN
1
NAMA
M. YUNUS. S.Pd.I
2
NIP/NOMOR SERI KARPEG
197109041998111001 / J.140258
3
TEMPAT,TANGGAL LAHIR
GURUN MUDO,  04 SEPTEMBER 1971
4
JENIS KELAMIN
LAKI - LAKI
5
PENDIDIKAN YANG TELAH DIPERHITUNGKAN ANGKA KREDITNYA
D.II/A.II
6
PANGKAT/GO. RUANG/TMT
Penata Muda TK.I/ III/b            01 APRIL 2010
7
JABATAN GURU/TMT
Guru Madya  tk.1                       01 APRIL 2010
8

MASA KERJA GOLONGAN
LAMA
10 Tahun 05 bulan
BARU
13 tahun 01 bulan
9
JENIS GURU
Guru Bidang study 
10
TUGAS
Mengajar di kelas 
11
ALAMAT
SEKOLAH
SD No. 73/VII Gurun Mudo

RUMAH
Gurun Mudo Kecamatan Mandiangin
UNSUR YANG DI NILAI
UNSUR UTAMA DAN SUB UNSUR
ANGKA KREDIT MENURUT
SEKOLAH PENGUSUL
TIM PENILAI
LAMA
BARU
JUMLAH
LAMA
BARU
JUMLAH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
I

PENDIDIKAN







1
Pendidikan  sekolah memperoleh gelar/ijazah Strata Satu (S.1)

60
60




2
Pendidikan dan pelatihan kedinasan serta memperoleh STTPL …….Jam

-
-





Jumlah  80%  dari PAK lama
167,926


167,926




II

PROSES BELAJAR MENGAJAR
ATAU BIMBINGAN







1
Melaksanakan penyusunan program pengajaran atau praktik selama 5 smt

9,035
9,035




2
Melaksanakan penyajian program pengajaran atau praktik selama 5 semester

13,520
13,520




3
Melaksanakan  evaluasi belajar atau  praktik selama 5 semester

4,517
4,517




4
Melaksanakan  analisis hasil evaluasi belajar atau praktik selama  5 semester.

2,990
2,990




5
Melaksanakan  dalam menyusunan dan pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan selama 5 semester

2,990
2,990




6
Membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler selama 5 semester

2,470
2,470





7


Melaksanakan tugas sebagai kepala sekoalh selama 5 semester


10,000



10,000





JUMLAH UNSUR UTAMA

167,926

105,522
273,448





JUMLAH  20% dari PAK  lama
3,750


3,750




III

PENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR ATAU BIMBINGAN







1

2




3

4


5

6
Anggota tetap PGRI selama 2 Tahun

Mengikuti Seminar dan sebagai anggota 3  Kali




Sebagai Pengawas Pemilu Lapangan ( PPL )
PEMILUKADA Sebayak 2 kali

Sebagai Ketua Badan Permusyawaratan Desa
( BPD ) Desa Gurun Mudo

Pengurus / Anggota KKG selama 2 tahun

Sebagai Guru Piket selama 2 tahun



1

3




0,30


0,50

1

1

1

3




0,30


0,50

1

1




JUMLAH UNSUR PENUNJANG
3,750

6,800
10,550



JUMLAH UNSUR UTAMA
DAN UNSUR PENUNJANG
171,676
112,322
283,998




BAHAN BAHAN YANG DINILAI : DUPAK, DP3, Surat pernyataan, dll terlampir dalam berkas berikut.
Angka kredit perolehan                                                                         = 112,322
Angka impasing                                                                                       = 171,676
Jumlah  angka kredit perolehan dan angka kredit  impasing        = 283,998
Jumlah angka kredit yang harus di penuhi                                        = 200,000
Sisa  angka kredit                                                                                    = 83,998
Yang bersangkutan dapat diusulkan ke  III/c  01 OKTOBER  2012

                             Mengetahui :                                                                                                Seko besar, 12 MEI  2012
                             Pengawas TK/SD                                                                                           KEPALA  SEKOLAH



                          A.SYARGAWI .B.S.Pd                                                                                             M. YUNUS, S.Pd.I
                               NIP. 195301181970041001                                                                                     NIP: 197109041998111001














PENDAPAT TIM PENILAI :…………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                  ………………………………………………………………………………………………………………………………….
                                                   …………………………………………………………………………………………………………………………………
                                                                                                                                  ..…………………tanggal…………………………
                                                                                                                                Ketua Tim Penilai …………………………….
                                                                                                                                                …………………………………………………………

                                                                                                                                                _______________________________                                                                                                                                                            NIP.                                                                                                                                       
   
 PERSETUJUAN : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
                                ………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
                                ………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
                                                                                                                                                …………………….TANGGAL……………………..
                                                                                                                                                …………………………………………………………..
                                                                                               

                                                                                                                                                _______________________________
                                                                                                                                                NIP.