1.
Merencanakan pertanyaan. Sebagian besar guru faktanya baru merencanakan
pertanyaan yang akan diajukan kepada murid beberapa saat sebelum
bertanya. Alangkah baiknya semua pertanyaan yang akan diajukan kepada
murid sudah termaktub di rencana pelaksanaan pembelajaran (lesson plan).
2.
Menggunakan beragam level jenis pertanyaan sehingga mampu memfasilitasi
kemampuan berpikir tingkat tinggi murid. Hal ini sangat penting
dilakukan untuk membantu murid melatih kemampuan berpikirnya. Upayakan
semua pertanyaan mengikuti kaidah mudah-sukar dan sederhana-rumit.
Pertanyaan mudah bertujuan untuk memotivasi & meyakinkan murid bahwa
pada prinsipnya mereka dapat menjawab setiap pertanyaan guru.
Pertanyaan sulit sendiri bertujuan untuk merangsang murid melatih
kemampuan berpikir tingkat tingginya.
3. Menyediakan waktu jeda
kepada murid untuk menjawab pertanyaan. Teknik ini dapat mendorong
kemampuan berpikir tingkat tinggi murid di kelas. Ketika suasana di
kelas hening tanda tak ada murid yang menjawab pertanyaan, berhitunglah
dalam hati sampai hitungan 5.
Trik ini perlu dilakukan untuk
memberi kesempatan murid berpikir tentang jawaban mereka. Setelah itu,
Anda persilahkan siapa di antara murid yang secara sukarela mau menjawab
pertanyaan Anda. Lemparkan pertanyaan kepada seluruh murid, beri jeda
waktu, dan tentukan salah satu murid secara acak untuk menjawab
pertanyaan Anda, itu prinsip utamanya.
4. Menahan diri untuk
tidak segera memberikan opini terhadap jawaban murid pada jenis
pertanyaan yang menuntut kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hindari
kebiasaan untuk segera menanggapi jawaban murid. Berikan kesempatan
kepada murid untuk saling mendengarkan jawaban di antara mereka. Karena
itulah, mereka jadi saling belajar untuk melatih keterampilan berpikir.
5.
Jangan bermain aman. Maksudnya, jangan berikan pertanyaan yang kita
sendiri sebagai guru sudah tahu jawabannya. Berikanlah pertanyaan kepada
murid yang kita sendiri juga sebagai guru belum tahu jawaban pastinya,
karena itulah kita juga sebagai guru sedang belajar melatih keterampilan
berpikir.
6. Mendengarkan secara seksama setiap jawaban murid.
Praktik ini sangat penting, khususnya ketika guru menyampaikan
pertanyaan terbuka (Jawabannya tidak sekadar benar atau salah. Misal,
Mengapa Indonesia sering dilanda bencana? Mengapa Indonesia bisa dijajah
Belanda sampai 350 tahun, dan pertanyaan sejenis lainnya), pertanyaan
kreatif, dan atau pertanyaan evaluatif. Keterampilan ini harus terus
dikembangkan agar guru dapat ‘menangkap’ gagasan cemerlang dari setiap
jawaban murid.
7. Memberikan penguatan positif atas jawaban
murid. Jawaban singkat dari murid untuk jenis pertanyaan mengulang
informasi (level pengetahuan pada Taksonomi Bloom - level berpikir
paling rendah) harus segera dikonfirmasi, berupa pujian jika berhasil
dijawab murid, atau koreksi jika jawaban murid kurang tepat. Sedangkan
untuk merespon jawaban murid atas jenis pertanyaan berpikir tingkat
tinggi, maka lakukan trik bertanya efektif no. 6 di atas.
8.
Menggunakan teknik bervariasi untuk meminta murid menjawab pertanyaan.
Jika guru tetap ingin membuat murid merasa dilibatkan dalam menjawab
pertanyaan, maka guru dapat mencoba menyebut salah satu nama murid
secara acak, atau mengambil kartu yang sudah berisi nama-nama murid
secara acak, atau bahkan melemparkan bola kepada murid yang hendak
disuruh menjawab pertanyaan. Ingat, semua prosedur itu harus disepakati
dulu bersama murid.
9. Mengajarkan murid bagaimana cara menjawab
pertanyaan. Cara ini mudah sekali dilakukan. Ketika ada salah satu murid
akan menjawab pertanyaan, maka guru dapat meminta semua murid untuk
ikut menyimak jawaban dari murid tersebut, "Anak-anak, mari kita simak
bagaimana cara si A menjawab pertanyaan tadi!".
10. Mengajarkan
murid bagaimana cara membuat pertanyaan. Ibarat pepatah, guru kencing
berdiri murid kencing berlari. Kuasai keterampilan bertanya efektif,
praktikan kehebatan Anda di kelas, kemudian refleksikan pengalaman Anda
menguasai keterampilan bertanya efektif kepada murid, itulah cara
terbaik mengajarkan murid bagaimana menguasai keterampilan bertanya
efektif.
Selamat mencoba.