Kamis, 21 Agustus 2014

dana BOS

 untuk saat ini dana BOS akan disalurkan sesuai dengan data Dapodik. Dan pada kesempatan ini, PanduanGuru.com akan membahas kabar yang tengah beredar tersebut. Penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan IV dan alokasi dana BOS tahun anggaran 2015 akan dikeluarkan sesuai dengan data sekolah yang sudah ada di data base Data Pokok Pendidikan (Dapodik) tahun pelajaran 2014/2015. Dan hal ini juga disesuaikan dengan surat edaran yang telah dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.
Di dalam surat edaran tersebut yang ditunjukkan kepada para para gubernur dan bupati/walikota itu, pihak sekolah diminta agar mengisi lengkap data-data selengkap mungkin serta akurat ke dalam sistem Dapodik. Para kepala sekolah beserta dengan operator sekolah harus segera memperbaharui data-data serta mengirimkan perubahan data-data tersebut dengan cara melalui aplikasi Dapodik yang terbaru.
Dana BOS Disalurkan Berdasarkan Data Dapodik
Data-data tersebut harus dikirim atau disinkronkan paling lambat pada tanggal 15 September 2014. Data-data tersebut akan segera digunakan sebagai salah satu dasar pengajuan untuk penentuan alokasi dana BOS tahun anggaran 2015. Bukan hanya itu, database Dapodik tahun pelajaran 2014/2015 juga sebagai dasar perhitungan kurang/lebih penyaluran dana BOS triwulan IV tahun 2014.
Pihak sekolah bahkan di minta untuk segera melunasi pesanan buku Kurikulum 2013, bagi sekolah yang sampai saat ini belum membayar buku Kurikulum 2013, proses penyaluran dana BOS Triwulan IV akan ditunda sampai dengan pihak sekolah yang bersangkutan melunasi semua tunggakan. Buku Kurikulum 2013 jenjang SD tahun ini diberikan pada kelas 1, 2, 4, dan 5.
Selain digunakan sebagai salah satu dasar penyalur dana BOS, database Dapodik tahun ajaran 2014/2015 juga akan digunakan untuk dasar penyaluran Tunjangan Profesi Guru, penyaluran Bantuan Siswa Miskin (BSM), rehabilitasi sekolah, dan kegiatan lainnya. Dana BOS langsung ditransfer ke rekening sekolah setiap tiga bulan sekali.